Teknik Lingkungan

Akreditasi : -

No SK : 

Website : tl.fst.ar-raniry.ac.id

Visi
Menjadikan Program Studi Teknik Lingkungan unggul di Indonesia pada tahun 2030 dalam mengintegrasikan Al-Qur’an dan Hadist dengan riset, pengembangan ilmu di bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan sesuai dengan kearifan lokal.

Misi 
Untuk mewujudkan visinya, Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry memiliki misi sebagai berikut:

1. Mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan visi Prodi Teknik Lingkungan.

2. Menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran, mutu penelitian, serta mutu pelayanan di bidang teknologi lingkungan di dalam dan di luar lingkungan UIN Ar-Raniry, yang didukung oleh sistem tatakelola laboratorium serta kelembagaan yang akuntabel dan transparan.

3. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan Al-Qur’an dan Hadist pada pengelolaan, pengembangan, dan pemanfaatan sumber daya alam hayati.

4. Mengembangkan IPTEK dalam bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan dengan memiliki kepekaan terhadap isu-isu global terkait lingkungan, energi, dan kebencanaan.

5. Mengembangkan inovasi pembelajaran yang kekinian, kreatif, inovatif, dan mendukung  technopreneurship.

6. Meningkatkan basis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk aplikasi teknik lingkungan dan bioproses yang mendukung eksploitasi sumber daya alam dan sumber daya terbarukan yang  berkelanjutan.

7. Memperluas jaringan kerjasama regional, nasional, dan internasional dengan berbagai pihak dan stakeholdersdalam pengkajian dan aplikasi pengelolaan lingkungan sumber daya terbarukan.

8. Mengembangkan penelitian dalam bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan untuk meningkatkan mutu keilmuan teknik lingkungan yang berbasis kebangsaan dan keislaman, terutama dengan menggunakan sumberdaya lokal dan berbasis kearifan lokal.

9. Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus kepada manajemen lingkungan dengan berbasis kearifan lokal.