Kimia

Akreditasi : -

No SK : 

Website : kimia.fst.ar-raniry.ac.id

Perihal Prodi

Program Studi (Prodi) Kimia adalah sebuah Program Studi yang berada pada Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, yang mulai diresmikan dan disahkan berdasarka Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Agama (PMA) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Pada tahun ajaran 2014/2015, mulai menerima mahasiswa baru pertama kali sekitar 30 orang melalui seleksi ujian masuk UIN Ar Raniry dengan jenjang pendidikan S1.

Pada saat ini para sarjana kimia menempati lapangan kerja yang cukup luas dan beraneka ragam di Indonesia, baik dilembaga-lembaga pemerintah maupun swasta. Pengetahuan yang luas tentang ilmu kimia dan ketrampilan laboratorium yang memadai merupakan keahlian utama para sarjana kimia. Saat ini diperlukan ahli kimia yang tanggap terhadap perkembangan perindustrian yang berwawasan lingkungan. Ilmu kimia terus berkembang untuk mendukung terciptanya perkembangan teknologi yang ramah lingkungan. Para sarjana kimia kelak diharapkan tidak hanya cakap dalam bidang keilmuan kimia namun juga dapat memecahkan persoalan di masyarakat seperti penemuan di bidang kimia yang mendukung perkembangan teknologi, industrialisasi, analisis dan pengendalian kualitas lingkungan hidu


Di samping itu kimia juga berperan pada bidang kajian keilmuan Islam yang berupa struktur dan penalarannya sehingga merintis kemungkinan penerapan baru dibidang ilmu yang lain. Merupakan syarat perlu bagi umat muslim untuk menimba ilmu kimia sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam percaturan sains dan teknologi modern. Profesi pengajar kimia serta profesi di bidang rekayasa, analisis, teknik kimia senantiasa membutuhkan tenaga Sarjana Kimia. Keperluan meningkat dengan pesat seiring pembangunan bidang pendidikan diberbagai tingkat di tanah air.

Pengembangan Kurikulum Prodi Kimia ini berlandaskan kepada :
1. Undang-undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi
2. Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Perguruan Tinggi
3. Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Budaya No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI pada bidang Perguruan Tinggi
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Budaya No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. 

Visi Prodi S1 Kimia

Perguruan Tinggi. Menjadi program yang unggul di Indonesia pada tahun 2029 dalam pengintegrasian Islam dengan Kimia yang berbasis pada sumber daya alam lokal.

Misi Prodi S1 Kimia

a. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran ilmu kimia yang dilandasisemangat integritas dan interkoneksi Islam yang bersumber pada al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW dengan kajian potensi sumber daya alam Aceh.
b. Menyelenggarakan pembelajaran untuk menghasilkan sarjana ilmu kimia yang Islami dan
berkompeten dalam mengabdikan ilmunya dan mengembangkan diri secara profesional dengan tidak melupakan kearifan lokal.
c. Melaksanakan penelitian dalam pengembangan keilmuan bidang kimiayang terintegrasi dengan Islam dan berbasis sumber daya alam Aceh sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.
d. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang terfokus pada penelitian bidang kimia yang be

Tujuan Prodi S1 Kimia
a. Menghasilkan sarjana yang berkompeten di bidang kimia yang berlandaskan al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW yang mampu bersaing dalam dunia kerja secara nasional dan internasional.
b. Menghasilkan sarjana yang profesional dalam melakukan penelitian kimia yang berbasis pada potensi alam Aceh yang bermutu global.
c. Mampu memberdayakan masyarakat dengan pengolahan sumber daya alam Aceh melalui penerapan ilmu kimia yang terintegrasi pada nilai-nilai Islami.


Profil Lulusan
a. Profil Utama Lulusan
Peneliti yang berkompeten di bidang kimia dan mampu mengintegrasikan ilmu kimia dan Islam.
b. Profil Tambahan Lulusan
Sarjana sains kimia yang mampu menjadi:
1) Tenaga analis instrumen kimia
2) Konsultan lingkungan
3) Wirausaha yang produktif dan kreatif
4) Pendidik atau tenaga kependidikan